Analisis Strategi Pengembangan Profesional Dosen di Perguruan Tinggi: Tinjauan Literatur
Keywords:
Pengembangan profesional, Dosen, Pendidikan Tinggi, Kompetensi Pedagogik, Publikasi Ilmiah, Studi PustakaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai strategi pengembangan profesional dosen di perguruan tinggi berdasarkan studi literatur yang relevan. Melalui pendekatan studi pustaka, data dikumpulkan dari berbagai artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam 10 tahun terakhir dan terindeks dalam Google Scholar, Scopus, serta SINTA. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan profesional dosen dilakukan melalui pendekatan formal seperti workshop, pelatihan bersertifikat, program studi lanjut, serta magang industri. Strategi tersebut difokuskan pada penguatan kompetensi pedagogik dan profesional dosen, termasuk pelatihan teknologi pembelajaran, perancangan kurikulum, dukungan publikasi ilmiah, dan kolaborasi akademik global. Keberhasilan pelaksanaan strategi tersebut sangat dipengaruhi oleh komitmen institusi, ketersediaan dana, motivasi dosen, serta sistem evaluasi yang berkelanjutan. Studi ini merekomendasikan perlunya roadmap pengembangan SDM dosen yang terstruktur, sistem monitoring yang adaptif, serta kebijakan insentif yang mendorong inovasi dan kolaborasi lintas disiplin. Implikasi dari penelitian ini menjadi dasar penting bagi perumusan kebijakan kelembagaan dalam meningkatkan daya saing dosen dan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan.
References
Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2016). Peran LPTK dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 1(2), 98-106.
Fauzi, A., Sofiawati, E. T., Anisah, H. U., Elisanti, E., Siahaan, A. L. S., Genua, V., ... & Andriyani, W. (2021). Pendidikan Karakter. Zahir Publishing.
Purba, R. D., Zahra, S. A., Hutagalung, R. R., & Nasution, A. F. (2024). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Di Era Digital. Tarbiyah Bil Qalam: Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(1).
Rowley, J., & Slack, F. (2004). Conducting a literature review. Management research news, 27(6), 31-39.
Popay, J., Roberts, H., Sowden, A., Petticrew, M., Arai, L., Rodgers, M., ... & Duffy, S. (2006). Guidance on the conduct of narrative synthesis in systematic reviews. A product from the ESRC methods programme Version, 1(1), b92.
Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi pengembangan profesionalisme guru di era digital: Tantangan dan peluang. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 9(1), 65-75.
Syaiful, A. (2023). Peran mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 29-34.
Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rian Sigit Gesang Permana, Chaerul Anam, Mahmud Sahroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.