Analisis Isu-Isu Kebijakan dan Praktik Manajerial dalam Kepemimpinan Kependidikan di Era Transformasi Digital: Studi Pustaka
Keywords:
Kepemimpinan kependidikan, kebijakan pendidikan, manajerial sekolah, era digital, studi pustaka, kepala sekolah, transformasi digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep dan implementasi manajemen administrasi supervisi pendidikan dalam konteks sekolah Islam melalui pendekatan studi pustaka. Supervisi pendidikan yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur terbukti mampu meningkatkan kinerja guru dan kualitas pembelajaran. Lebih dari itu, integrasi nilai-nilai Islam dalam praktik supervisi menjadi faktor kunci dalam menciptakan budaya akademik yang bermoral dan religius. Penelitian ini mengandalkan sumber-sumber sekunder yang relevan, seperti jurnal ilmiah, buku akademik, dan artikel konferensi, untuk menganalisis model-model supervisi yang efektif serta kontribusinya terhadap profesionalisme guru di lingkungan sekolah Islam. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepala sekolah atau pengawas yang berperan sebagai pemimpin supervisi berpengaruh besar dalam membina guru secara konstruktif dan berkelanjutan. Temuan ini memberikan landasan teoritis dan praktis bagi pengembangan kebijakan supervisi pendidikan Islam yang terarah, terencana, dan berakar pada nilai-nilai keislaman.
References
Cooper, G. (2012). Examining the transformational and distributive leadership styles of secondary principals: A mixed methods study.
Irawan, E., Arif, S., Hakim, A. R., Fatmahanik, U., Fadly, W., Hadi, S., ... & Aini, S. (2020). Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi: Transformasi, Adaptasi, dan Metamorfosis Menyongsong New Normal. Zahir Publishing.
Hilal Mahmud, M. M. (2015). Administrasi Pendidikan (menuju sekolah efektif). Penerbit Aksara TIMUR.
In, K., Dasuki, Q. A. Y., & Nurwahid, A. (2024). Adaptive Leadership and Institutional Development in Islamic Education: A Case Study of Madrasah Diniyah At-Ta’abud Wonokromo. Journal of Islamic Education Management Research, 2(2), 195-204.
Khurniawan, A. W., & Irmawaty, D. S. (2024). The impact of digital leadership on digital transformation in university organizations: an analysis of students' views. Education, 67(1), 677-690.
Krippendorff, K. (2018). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (3rd ed.). Sage Publications.
Kuswandi, A. (2011). Desentralisasi pendidikan dalam penyelenggaraan otonomi daerah di Indonesia. governance, 2(1), 69-98.
Laelawati, K. (2025). Kajian Literatur: Empati Dan Kesadaran Diri Sebagai Dimensi Utama Kecerdasan Emosional Dalam Kepemimpinan Dampaknya Terhadap Kinerja Organisasi. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(2), 615-624.
Lahagu, S. E., Kustiawan, B., & Adhicandra, I. (2024). Manajemen pendidikan: Teori & referensi komprehensif untuk pengembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Malik, N. N. (2025). Evaluasi dan Audit Mutu Pendidikan dalam Perspektif Manajemen Mutu Terpadu. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2).
Megayanti, W., & Asri, K. H. (2022). Transformasi gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam penerapan merdeka belajar. Research and Development Journal of Education, 8(2), 771-776.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmi, A., Muin, A., Pd, S., Zahra, A., Pi, S., Sartika, D., ... & KM, S. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Proses Supervisi Pendidikan untuk Meningkatan Mutu Pendidikan Di Era Society 5.0. Penerbit Adab.
Romandoni, I. Y., & Efendi, N. (2024). Transformasi kepemimpinan pendidikan Islam: Tantangan dan peluang di era digital. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(2), 194-209.
Purwanto, A. (2021). Managing employee performance: From leadership to readiness for change. International Journal of Social and Management Studies (IJOSMAS).
Sari, I. P. (2025). Digitalisasi Manajemen Pendidikan Islam: Tantangan dan Strategi Kepala Madrasah di Era Society 5.0. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1236-1243.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.
Suryadi, A. (2022). Menjadi guru profesional dan beretika. CV Jejak (Jejak Publisher).
Wahyudin, U. (2015). The Quality of a" Local Values Based" Fuctional Literacy Program: Its Contribution to the Improvement of the Learner's Basic Competencies. International Education Studies, 8(2), 121-127.
Zed, M. (2008). Literature Review: Langkah-Langkah Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Iis Maisaroh, Evi Gusliana, Selvi Ratna Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.