Analisis Literatur tentang Manajemen Administrasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Islam

Authors

  • Sri Andayani STIT Pringsewu
  • Dedi Irawan STIT Pringsewu
  • Khulusiyyah STIT Multazam

Keywords:

manajemen supervisi, administrasi pendidikan, sekolah Islam, nilai-nilai Islam, kinerja guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep dan implementasi manajemen administrasi supervisi pendidikan dalam konteks sekolah Islam melalui pendekatan studi pustaka. Supervisi pendidikan yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur terbukti mampu meningkatkan kinerja guru dan kualitas pembelajaran. Lebih dari itu, integrasi nilai-nilai Islam dalam praktik supervisi menjadi faktor kunci dalam menciptakan budaya akademik yang bermoral dan religius. Penelitian ini mengandalkan sumber-sumber sekunder yang relevan, seperti jurnal ilmiah, buku akademik, dan artikel konferensi, untuk menganalisis model-model supervisi yang efektif serta kontribusinya terhadap profesionalisme guru di lingkungan sekolah Islam. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepala sekolah atau pengawas yang berperan sebagai pemimpin supervisi berpengaruh besar dalam membina guru secara konstruktif dan berkelanjutan. Temuan ini memberikan landasan teoritis dan praktis bagi pengembangan kebijakan supervisi pendidikan Islam yang terarah, terencana, dan berakar pada nilai-nilai keislaman.

References

Alanny, K. M., & Fuad, N. (2024, April). Peran Supervisi Akademik, Komunikasi Interpersonal, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung (pp. 611-618).

Anas, M. H., & Lestari, A. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Di Madrasah Ibtidaiyah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 312-322.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9.

Asyifah, Y. N., Suryaningsih, R., & Nurman, N. (2024). Efektivitas supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di sekolah dasar. QAZI: Journal of Islamic Studies, 1(2), 24-33.

Azis, A. (2018). SUPERVISI KEPALA SEKOLAH (Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Pada Integrasi Sains Dan Nilai-Nilai Islam). Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 106-117.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Drisko, J. W., & Maschi, T. (2016). Content analysis. Oxford university press.

Dzakwan, D. (2024). Implementasi Supervisi Akademik Dengan Pendekatan Kolaborasi Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Mtsn 10 Jakarta Barat (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra', 14(1), 64-77.

Ferianto, M. P. I., Munafiah, N. U., Makbul, M., Nurlaeli, H. A., & Suryana, S. (2023). Filsafat dan teori manajemen pendidikan Islam. Penerbit Mangku Bumi.

Mulloh, T., & Muslim, A. Q. (2022Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Mulloh, T., & Muslim, A. Q. (2022). Analisis peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalitas guru. Journal Publicuho, 5(3), 763-775.

Nasir, M., & Sunardi, S. (2025). REORIENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ERA DIGITAL: TELAAH TEORITIS DAN STUDI LITERATUR. Al-Rabwah, 19(1), 056-064.

Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177-181.

Neuendorf, K. A., & Kumar, A. (2015). Content analysis. The international encyclopedia of political communication, 1-10.

Putri, N., Aprida, O., Warlizasusi, J., Sahib, A., & Destriani, D. (2024). Peran Supervisi dalam Meningkatkan Kualitas Manajemen Pendidikan Islam di Sekolah. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(3), 550-563.

Rahayu, S. P., Roesminingsih, E., & Hariyati, N. (2022). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Manajemen Budaya Sekolah di Tingkat Sekolah Dasar. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(1), 61-72.

Ramadina, E. (2024). Supervisi Manajerial Untuk Meningkatkan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar Di Era Society 5.0. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 34-43.

Sastraatmadja, A. H. M., Nawawi, A., & Rivana, A. (2024). Supervisi pendidikan Islam: Konsep dasar dan implementasi nilai-nilai Islami. Penerbit Widina.

Satrio, S., Hasibuan, L., Us, K. A., & Rizki, A. F. (2021). Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Tinjauan Administasi Sekolah. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(2), 92-101.

Suranto, D. I., Annur, S., & Alfiyanto, A. (2022). Pentingnya manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 59-66.

Trisnantari, H. E., & Jabbar, M. R. A. A. (2025). DESAIN SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS PSIKOLOGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 5(1), 219-228.

Wulandari, A. E. (2022). Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan Islam. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 107-123.

Downloads

Published

28-02-2025