Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Melalui Kekuatan Kepemimpinan Spiritual: Pendekatan Al-Qur'an Dan Hadits

Authors

  • Ahmad Suhari STIT Pringsewu
  • Fauzi Institut Bakti Nusa
  • Abdul Hamid STIT Pringsewu
  • Moh Masrur STIT Pringsewu
  • Muhtarom STIT Pringsewu

Keywords:

Pendidikan Islam, Kepemimpinan Spiritual, Aq Quran, Hadits, Kualitas Pendidikan

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peranan penting dalam membentuk karakter dan moral generasi muda. Namun, tantangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam masih menjadi isu yang perlu diatasi. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah melalui kekuatan kepemimpinan spiritual yang berlandaskan pada Al-Qur'an dan Hadits. Dalam jurnal ini, akan dibahas bagaimana kepemimpinan spiritual dapat meningkatkan kualitas pendidikan Islam, dengan fokus pada pengembangan karakter, penguatan nilai-nilai keagamaan, dan peningkatan kompetensi akademik. Dengan menggunakan data dan contoh kasus dari berbagai sumber, diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan Islam yang lebih baik.

References

Al Ghazali, Abu Hamid. (2004). Ihya Ulumiddin. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Al-Ghazali, A. H. (2005). The Revival of the Religious Sciences. Islamic Book Trust.

Al-Qaradawi, Y. (2008). Islamic Education: Its Objectives, Principles, and Methodology. International Institute of Islamic Thought.

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Pendidikan Islam 2023. Jakarta: BPS.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). Laporan Penelitian Pendidikan Islam. Jakarta: Kemenag.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Goleman, Daniel. (1995). Emotional Intelligence. New York: Bantam Books.

Greenleaf, Robert K. (1977). Servant Leadership: A Journey into the Nature of Legitimate Power and Greatness. New York: Paulist Press.

Hasan, M. (2021). Pengaruh Kolaborasi Sekolah dan Orang Tua Terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45-60.

Henderson, Anne T., & Mapp, Karen L. (2002). A New Wave of Evidence: The Impact of School, Family, and Community Connections on Student Achievement. Austin: Southwest Educational Development Laboratory.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). Statistik Pendidikan Islam 2020. Jakarta: Kemenag.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2023). Statistik Pendidikan Islam 2023. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2021). Data Pesantren di Indonesia. Jakarta: Kemenag.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Laporan Tahunan Pendidikan Islam. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2021). Laporan Hasil Penelitian Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.

Kvale, S. (2007). Doing Interviews. SAGE Publications.

Lembaga Penelitian Pendidikan Islam. (2023). Pengaruh Pelatihan Kepemimpinan terhadap Kinerja Pendidik. Jakarta: LPPI.

Maslow, Abraham. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50(4), 370-396.

Mustaqim, Ahmad. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Spiritual terhadap Kualitas Pendidikan di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45-60.

Mulyadi, R. (2022). Dampak Kepemimpinan Spiritual Terhadap Lingkungan Belajar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 123-134.

Moustakas, C. (1994). Phenomenological Research Methods. SAGE Publications.

Nasution, H. (2020). Pendidikan Holistik dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurul, F. (2021). Pemanfaatan Teknologi dalam Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(3), 78-89.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods. SAGE Publications.

Pusat Penelitian Pendidikan Islam. (2022). Laporan Penelitian Pendidikan Islam. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Islam.

Rahman, A. (2017). The Impact of Spiritual Leadership on Teacher Motivation in Islamic Schools. Journal of Educational Leadership, 12(2), 45-67.

Rahman, A. (2021). Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Spiritual. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 67-80.

Suhendro, E. (2020). Pendidikan Islam: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surya, D. (2022). Tantangan Kepemimpinan Spiritual dalam Pendidikan. Jurnal Kepemimpinan, 8(1), 34-50.

Suyanto, A. (2020). Kepemimpinan Spiritual dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 123-140.

Suyadi, M. (2021). Relevansi Al Qur'an dan Hadits dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 23-35.

Zainuddin, S. (2021). Peran Pemimpin dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 11-25.

Zohar, Danah & Marshall, Ian. (2004). Spiritual Intelligence: The Ultimate Intelligence. London: Bloomsbury.

Zohar, D., & Marshall, I. (2000). Spiritual Capital: Wealth We Can Live By. San Francisco: Berrett-Koehler Publishers.

Downloads

Published

28-02-2025