Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidik Di SD Negeri 2 Labuhan Ratu
Keywords:
Manajemen SDM, tenaga pendidik, pendidikan dasar, pengembangan kompetensiAbstract
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan elemen penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam pengelolaan tenaga pendidik di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen SDM tenaga pendidik di SD Negeri 2 Labuhan Ratu, mencakup aspek peningkatan kualifikasi, pelatihan berbasis kompetensi, supervisi pendidikan, serta program Kelompok Kerja Guru (KKG). Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan tenaga pendidik masih menghadapi beberapa kendala, terutama dalam peningkatan kualifikasi dan pelaksanaan program pelatihan yang belum optimal. Namun, terdapat upaya untuk mengatasi permasalahan ini melalui berbagai program pengembangan dan supervisi. Studi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi MSDM yang lebih efektif di lingkungan sekolah dasar.
References
Adamy, M. (2016). Upcycling: From Old To New. Kunststoffe International, 106(12), 16–21.
Aliyyah, R. R., Lutfah, S. A., & Lathifah, Z. K. (2017). Pengelolaan Tenaga Pendidik Pada Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 75. Https://Doi.Org/10.30997/Dt.V4i2.921
Angelista, S. (2019). Supervisi Pendidikan (Issue April). Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/B4ukd
Eri Susan 1. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 9 No. 2, 952–962.
Hamsinah, H. (2016). Pegembangan Sumber Daya Manusia Bagi Tenaga Guru. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 3(1), 70–80. Https://Doi.Org/10.15408/Sd.V3i1.3799
Hatta, M. (2018). Empat Komptensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru.
Heriyansyah, H. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 116–127. Https://Doi.Org/10.30868/Im.V1i01.218
Indayani, L. (2018). Pengantar Manajemen. In Pengantar Manajemen. Https://Doi.Org/10.21070/2018/978-602-5914-18-8 Islamic, J., & Manajemen, E. (2017). No Title. 2(2), 7–15.
Leonard, L. (2016). Kompetensi Tenaga Pendidik Di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru Dan Solusi Perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192–201. Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V5i3.643
M.Novauli, F. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Smp Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3 No.1, 7. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/72121-Id-Kompetensi-Guru-Dalam-Peningkatan-Presta.Pdf
Milanowski, A. T., Heneman, H. G., III, & Kimball, S. M. (2011). Teaching Assessment For Teacher Human Capital Management: Learning From The Current State Of The Art (WCER Working Paper No. 2011-2). Retrieved From University Of Wisconsin–Madison.
Muhaimin, R. E. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Sumpiuh Banyumas Dan Madrasah Aliyah Negeri (Man) Kroya Cilacap. Http://Repository.Iainpurwokerto.Ac.Id/2267/1/TESIS EFI FULL.Pd
Mukminin, A., Habibi, A., Prasojo, L. D., & Yuliana, L. (2019). No Title (B. A. P.-N. M.-A. Tahalli & N. Hariyat (Eds.); Ed.1, Cet.). D:/Jurnal Skripsi/Buku Msdm Lantip.Pdf
Normi, S. (2019). Dasar Dasar Manajemen. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Uk5yp
Nur, M., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2016). Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), 93–103.
Owenvbiugie, Robinson Osarumwense., Ekhaise, Roseline Efosa. (2020). Human Resource Management Motivational Strategies For Enhancing Business Educators’ Job Performance In Tertiary Institutions In Edo And Delta States, Nigeria. Journal Of Education And Learning (Edulearn), Vol. 14, No. 1, H.141.
Rohmah, N. F. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Saya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2, 1–11.
Rokhmaniyah, R. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mencapai Pendidikan Yang Berkualitas Di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 73–83. Https://Doi.Org/10.20961/Jdc.V1i1.14410
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.
Sunandar, U. (2021). Pengaruh Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Terhadap Peningkatan Kemampuan Profesionalisme Pegawai Di Balai Pemasyarakatn (Bapas) Kelas I Cirebon. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol2 No.7, 2.
Sutikno, A. (2018). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Diri. Prosiding “Profesionalisme Guru Abad XXI”, Seminar Nasional IKA UNY, 1, 45–57.
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Buku Tugas Guru Dalam Pembelajaran: Vol. Xii+198hlm (Pp. 19–19).
Utomo, P. B., Purnomo, M. E., & Nazarudin, M. (2021). Studi Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidik Di SD Islam Palembang. Studia Manageria, 3(1), 83–97. Https://Doi.Org/10.19109/Studiamanageria.V3i1.6814
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maulina Ammalia Muslih, Muhammad Idris, Jatmiko, Wiwin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.