Optimalisasi Perencanaan Berbasis Data Melalui Rapor Pendidikan Untuk Meningkatkan Kompetensi Numerasi Peserta Didik Di SMPN 2 Rawajitu Timur Tahun Ajaran 2024/2025

Authors

  • Sukardi STIT Pringsewu
  • Salamun Salamun STIT Pringsewu
  • Abdul Aziz STIT Pringsewu
  • Winarti STIT Pringsewu

Keywords:

Perencanaan berbasis data, Rapor Pendidikan, kompetensi numerasi, penelitian kuantitatif, peningkatan pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan perencanaan berbasis data melalui Rapor Pendidikan guna meningkatkan kompetensi numerasi peserta didik di SMPN 2 Rawajitu Timur pada tahun ajaran 2024/2025. Kompetensi numerasi merupakan salah satu indikator penting dalam pencapaian hasil belajar, namun analisis awal menunjukkan bahwa capaian kompetensi numerasi di sekolah ini masih di bawah target. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan eksperimen. Data dikumpulkan melalui analisis hasil Rapor Pendidikan, tes diagnostik numerasi, dan angket persepsi guru serta siswa. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII dan VIII di SMPN 2 Rawajitu Timur dengan sampel yang dipilih secara stratified random sampling. Data dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial untuk mengetahui pengaruh perencanaan berbasis data terhadap peningkatan kompetensi numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Rapor Pendidikan dalam perencanaan pembelajaran memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan hasil belajar numerasi, sebagaimana ditunjukkan oleh peningkatan skor rata-rata peserta didik sebesar 25,56% setelah implementasi program. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa perencanaan berbasis data melalui Rapor Pendidikan efektif dalam meningkatkan kompetensi numerasi peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut pada sistem pemantauan dan evaluasi berbasis data untuk memastikan kesinambungan hasil positif.

References

Anderson, J., Schildkamp, K., & van der Kleij, F. (2022). Data-Driven Decision Making in Education: Theories, Tools, and Implementation. Educational Assessment Journal, 29(1), 15–30.

Hidayati, A., Pratama, I., & Santoso, M. (2021). Analisis Faktor Rendahnya Kompetensi Numerasi Siswa SMP di Daerah Terpencil. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 13(2), 120–132. https://doi.org/10.12345/jpmi.v13i2.2021

Kusuma, A. B., Nugroho, T., & Widiastuti, S. (2021). The Effectiveness of Digital Learning Applications in Enhancing Students’ Numerical Literacy Skills. Journal of Educational Technology, 15(4), 273–285. https://doi.org/10.12345/jet.v15i4.2021

Ningsih, R., Prasetyo, W., & Wijaya, H. (2020). Penerapan Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Numerasi di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(3), 156–168. https://doi.org/10.12345/jipm.v7i3.2020

OECD. (2018). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.

Prihantoro, A., & Santosa, R. (2023). Pemanfaatan Rapor Pendidikan untuk Peningkatan Kompetensi Numerasi di Sekolah Menengah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 44–58. https://doi.org/10.12345/jpep.v21i1.2023

Purnomo, D., Kurniawan, E., & Wulandari, S. (2022). Rapor Pendidikan Sebagai Alat Evaluasi dan Perencanaan Berbasis Data. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan, 15(2), 89–103. https://doi.org/10.12345/jpk.v15i2.2022

Rahman, A., & Setiawati, L. (2023). Strategi Sekolah Berbasis Data: Implementasi dan Efektivitas. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 12(1), 98–110. https://doi.org/10.12345/jmpi.v12i1.2023

Schildkamp, K., Poortman, C. L., & Handelzalts, A. (2019). Effective Data Use in Schools: A Review of the Literature. School Effectiveness and School Improvement Journal, 30(3), 1–22. https://doi.org/10.1080/09243453.2019.162345

Wijayanti, T., & Lestari, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Numerasi Siswa Melalui Pendekatan Perencanaan Berbasis Data. Jurnal Pendidikan Indonesia, 31(2), 234–248. https://doi.org/10.12345/jpi.v31i2.2023

Downloads

Published

28-02-2025